Overblog Suivre ce blog
Editer l'article Administration Créer mon blog
Le Journal De Revie

Le Journal De Revie

Le Journal De Revie

Kalimat Simpleks, Kompleks, dan Contohnya

Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks. Keberadaan konjungsi pada sebuah kalimat dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks. Berdasarkan Pengertian Serta Contoh Kalimat Kompleks dan Simpleks Lengkap Dengan Pola Kalimat.

Keberadaan konjungsi pada sebuah kalimat dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks. Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simplek dan kalimat komplek. Ada 2 macam tipe kalimat di dalam Bahasa Indonesia yaitu kalimat Kompleks dan Simpleks. Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur kalimat. Dengan kata lain, kalimat ini memiliki lebih dari satu verba utama atau predikat. Contoh kalimat kompleks dan kalimat simpleks sebenarnya cukup mudah dimengerti. begitu juga dengan kalimat aktif dan pasif.

Dalam bahasa Indonesia, berdasarkan kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Kalimat simpleks adalah suatu susunan beberapa kata yang membentuk suatu kalimat yang didalamnya hanya terdapat satu struktur satu kata.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia tentunya kalian akan mempelajari kalimat. Kalimat merupakan suatu rangkaian kata yang membentuk makna.Struktur kalimat terdiri atas unsur-unsur atau pembentuk kalimat yaitu Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), dan bias juga ditambah dengan Keterangan (K), ataupun Pelengkap (P).

Klausa simpleks mengandung satu struktur Subjek,Predikst,objek/pelengkap,keterangan .
Contoh: Tanaman menyerap air melalui akar
S P O K
Banjir adalah fenomena alam yang sumbernya dari curah hujan
S P O K

Klausa Kompleks ( mengandung 2 struktur )
contoh : Akibat Perubahan tata guna lahan terjadi erosi yang berakibat sedimensi masuk ke sungai sehingga
S P O S P O
daya tampung berkurang
S P

Ternyata kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih dengan konjungsi sebagai alat perangkainnya.

Partager cet article

Repost 0

Commenter cet article